Wednesday, February 1, 2017

Mengenal Lebih Jauh Bahasa Pemrograman Go Lang

02/02/2017 13.08 WIB

haii gan, kali ini kita akan membahas tentang bahasa pemrograman terbaru dan teranyar "GO LANG"  yang merupakan besutan dari sang raksasa internet mbah Google....
Google yang merupakan raksasa internet seakan-akan tak ada batasnya dalam berinovasi. Berbagai bidang teknologi dijajaki oleh google diantaranya mesin pencari, robotika, smartphone, maps, media sosial, cloud computing (Software As a Service) semacam google docs dll. Dengan perkembangan teknologi dan era big data seperti sekarang ini memaksa para raksasa internet untuk berinovasi dalam rangka peningkatan produktivitas. Pada tahun 2007 Robert Griesemer, Rob Pike, and Ken Thompson dari Google mengembangkan bahasa pemrograman baru yang disebut Go atau Golan yang pada bulan November tahun 2009 diperkenalkan dan sekarang sudah digunakan dalam beberapa sistem produksi google, Mac OS X, FreeBSD, NetBSD, OpenBSD, Plan 9, dan sistem operasi Microsoft Windows dan i386, amd64, dan arsitektur prosesor ARM.
Bahasa pemrograman Go berupaya untuk menggabungkan kecepatan pengembangan bekerja dalam bahasa dinamis seperti Python dengan kinerja dan keamanan bahasa dikompilasi seperti C atau C ++ namun dengan banyak perubahan sehingga menjadi lebih ringkas, sederhana dan aman. Contoh peringkasan deklarasi variabel pada Go adalah x := 0 yang pada bahasa C dideklarasikan dengan int x = 0. Dengan adanya penyederhanaan tersebut memungkinkan kita untuk menulis baris lebih ringkas, lebih sederhana dan membuat programer lebih produktiv.


Berikut ini adalah command yang digunakan pada Go:
build       mengkompile paket dan dependensi
clean       menghapus file-file objek
env         mencetak informasi environmen Go
fix         menjalankan fitur untuk memperbaiki paket
fmt         menjalankan gofmt pada sumber paket
get         download dan install paket dan dependensi
install     compile dan install paket dan dependensi
list        menampilakan list paket
run         compile dan menjalankan program Go
test        mengetes paket
tool        menjalankan tool go secara spesifik
version     menampilkan versi Go
vet         menjalankan fitur vet Go pada paket

No comments:
Write komentar

Category